. . .
3 Roket Menghantap Dekat Kedubes AS di Irak

Serangan roket kembali menghantam di dekat kantor kedutaan besar Amerika Serikat di sekitar kompleks gedung pemerintah di Baghdad, Irak. Belum dipastikan apakah terdapat korban dalam musibah tersebut.

Sirine berbunyi setelah serangan tiga roket tersebut. Diduga amunisi yang digunakan adalah roket Katyusha.

Pihak Amerika menuduh serangan itu dilancarkan oleh milisi yang didukung Iran. karena hal serupa juga terjadi di kawasan pemerintahan dalam beberapa bulan sebelumnya. Sampai saat ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca Juga : Lima Anggota Abu Sayyaf Penculik WNI Tewas Ditembak

Pada 8 Januari lalu kawasan pemerintahan di Baghdad juga diserang dua roket. Diduga hal ini adalah serangan balasan terhadap AS usai membunuh perwira tinggi militer Iran, Jenderal Qasem Soleimani, pada 3 Januari lalu.

Iran menegaskan serangan ini untuk membalas kematian Jenderal Qasem Soleimani, yang tewas dirudal AS awal Januari lalu. Iran pun mengklaim serangan tersebut telah menewaskan 80 tentara AS.

Selang beberapa hari kemudian, Iran meluncurkan serangan roket yang diarahkan kepada dua pangkalan AS di Irak. Sebanyak 11 orang tentara luka-luka akibat serangan tersebut.(*)

Dibombardir Iran, Ini Pidato Resmi Presiden AS Trump

Trump memilih menjatuhkan sanksi ekonomi baru untuk Iran. Sanksi yang tidak dijelaskan detail ini, disebut Trump, akan berlaku sampai Iran mengubah perilakunya terutama soal pengembangan nuklir.

“Iran harus meninggalkan ambisi nuklirnya dan mengakhiri dukungannya untuk terorisme,” sebut Trump.

“Dunia.. harus mengirimkan pesan yang jelas pada rezim Iran. Kampanye kalian (Iran) tentang teror, pembunuhan dan kekacauan tidak bisa ditoleransi. Hal itu tidak boleh diizinkan terus terjadi.”

Meski demikian, selang beberapa jam setelah pernyataan Trump, zona hijau di Irak kembali diserang roket. Setidaknya ada dua roket Katyusha, mendarat di wilayah internasional yang dipimpin AS ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *